Jumat, 06 Maret 2009

sejarah

Tarikh/sejarah singkat Nabi Muhammad SAW

Oleh : Abdul Ajiz Kamlaudin, S. PdI

Kota mekah terletak di tengah tengah jazirah arab oleh karena itu semua kabilah dari berbagai penjuru dapat mengaksesnya dengan mudah. Dimekah terdapat baitullah .

pada waktu bendungan besar pecah di ma’rib maka kabilah kabilah arab selatan berbondong bondong menuju arah mekah. Salah satu kabilah dipimpin Harits bin amir ( khuza’ah) mereka berperang denga suku JURHAM dan mengalahkannya dan menguasai mekah secara turun temurun. Pada waktu inilah keluarga banu ismail berkembang dan tersebar di peloksok arab, yang menetap dimekah dari banu ismail adalha suku Quraisy.

Pada abad ke-5 seorang pemimpin qurais yang bernama qusai berhasil merebut kekuasaan dari Khuza’ah dan quasai menjadi pemimpin di makkah.

qusai membangun membangun wadah untuk bermusyawarah yang disebut Darunnadwah selanjutnya kota mekah tumbuh dan berkembang.

semenjak dahulu kota mekah ramai dikunjungi oleh orang orang dari peloksok dunia karena dipercayai kota mekah adalah kota suci dan menjadi kota kepercayaan sejak berabad abad.

Dikala umat islam dalam kegelapan lahir lah nabi pada tanggal 12 Rabiul Awal tahu gajah atau sekitar 20 April 571 M. dari keluarga yg sederhana.

Ayahnya Bernama :

Abdullah bin Abdul Mutolib bin Hasim bin Abdul Manaf bin Qusai bin Kilab bin Murah

yang meninggal 7 bulan sebelum nabi dilahirkan dan ibunya bernama :

Siti Aminah binti wahab bin Abdulmanaf bin zurah bin kilab bin murah.

Pada waktu lahir nabi disambut pamannya muthalib. Adapun sebab tahun nabi disebut tahun gajah karena pada waktu nabi lahir kota mekah diserang pasukan yang dipimpin ABRAHAH (guberenur dari kerajaan nasrani ABESINIA) di kota yaman, merka bermaksud menghancurkan ka’bah dan abrahah mengendarai gajah, dan mereka dihancurkan oleh Allah SWT dengan mengirimkan burung ababil.

Sudah menjadi kebiasaan oarng arab kota mekah terutama pada golongan bangsawan menitipkan dan menyusukan bayinya ke pada wanita badiyah agar terhindar dari penyakit dan menhirup udara bersih dan dapat berbahasa yang baik maka nabi pun dititipkan oleh ibunya kepada Halimah Sa’diyah dari bani saad sampai berusia lima tahun.

Setelah nabi kembali ke ibunya setahun kemudian Siti Aminah meninggal, dan nabi tinggal bersama kakeknya Abdul Muthalib dan setelah 2 tahun kakeknya pun meninggal dan nabi tinggal bersama pamannya abu thalib.

Pengalaman- pengalaman Nabi Muhammad SAW.

Ø Ketika umur 12 th.nabi bersama Abu Thalib pergi kesyam dan bertemu pendeta (buhairo) yang dapat melihat tanda tanda kerasulan nabi.

Ø Mengembala kambing kambing orang orang mekah yang dipercayakan kepadanya

Ø Umur 15 tahun nabi ikut berperang antara Quraisy dan suku Qais ‘Ailan bagian logistik

Ø Setelah dewasa nabi mulai usaha sendiri dan terkenal dg orang jujur sehingga siti khodijah mengangkatnya sebagai pegawai, dan menikah dengan siti khodijah seorang zanda berumur 40 tahun dan nabi berumur 25 tahun

Ø Mendamaikan perselisihan meletakan hajar aswad dan nabi berumur 35 tahun sehingga mendapat gelar Al Amin.

Ø Usia 40 tahun nabi menjdi Rasul tepatnya 40 tahun 6 bulan 8 hari komariyah atau menurut tahun syamsiah 39 tahun 3 bulan 8 hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan/Tuliskan Komentar Antum untuk perbaikan Blog saya. OK

Yang Punya Blog

Yang Punya Blog
Abdul Ajiz Kamaludin