Jumat, 03 Juli 2009

RPP TIK kelas VII / 7 semester Genap

Rencana Perlaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

3. Mempratekkan ketrampilan dasar komputer.

Kompetensi Dasar

:

3.1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer.

Indikator

:

  1. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alt input.
  2. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
  3. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
  4. Menyebutkan media penyimpan data.

Alokasi Waktu

:

4X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
  2. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
  3. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
  4. Menyebutkan media penyimpan data.

II

Materi Ajar :

  1. Perangkat keras/hardwere (Alat Input, Alat Proses, Alat Output)
  2. Media penyimpan data.

III

Metode Pembelajaran :

  1. Demonstrasi dan tanya jawab.
  2. Pengalaman langsung
  3. Telaah pustaka

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang perangkat keras pada teknologi informasi dan komunikasi.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mengamati berbagai perangkat alat keras pada komputer.
    2. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah.
    3. Mencari informasi pada buku tentang perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi.
    4. Disajikan daftar spesifikasi komputer yang ditawarkan oleh penjual komputer.
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras komputer atau teknologi informasi dan komunikasi.

Pertemuan ke-dua : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang media penyimpan data.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mengamati berbagai alat penyimpan data.
    2. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah tentang media penyimpan data.
    3. Mencari informasi pada buku paket atau sumber lain tentang media penyimpan data.
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran macam-macam media penyimpan data.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Macam-macam media penyimpan data
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Lembar kerja praktikum

Multimedia, dll.

VI

Penilaian :

1. Tehnik : tes tertulis, unjuk kerja.

2. Bentuk instrumen : soal uraian, lembar observasi

3. Soal / Instrumen :

Soal Uraian :

a. Sebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.

b. Sebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.

c. Sebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.

Lembar Observasi :

Instrumen

Skala Kuantitatif

Nilai

(jumlah /16) X 10

4

3

2

1

1.

Melihat macam-macam media penyimpan data.

2.

Menentukan data magnetik

3

Menentukan data optik

4.

Menentukan data elektronik

J u m l a h

Mengetahui :

Kepala Sekolah

……………

Nip. ……..

Cipanas, Januari 2007

Guru Mata Pelajaran

Abd. Ajiz Kamaludin, S. PdI

Rencana Perlaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

3. Mempratekkan ketrampilan dasar komputer.

Kompetensi Dasar

:

3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi.

Indikator

:

  1. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
  2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka.
  3. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis.
  4. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multimedia.

Alokasi Waktu

:

4X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi yang terinstal di komputer.
  2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
  3. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka.
  4. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis.
  5. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi / multimedia.

II

Materi Ajar :

  1. Perangkat keras/hardwere dan perangkat lunak komputer.
  2. Program aplikasi melalui menu program.

III

Metode Pembelajaran :

  1. Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab.
  2. Pengalaman langsung
  3. Telaah pustaka

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang perangkat lunak pada komputer/teknologi informasi dan komunikasi.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mencari informasi pada buku tentang perangkat lunak pada komputer.
    2. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah.
    3. Mengamati berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
    4. Mengamati berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata dan pengolah angka.

Pertemuan ke-dua : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang macam-macam perangkat lunak pada komputer.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mencari informasi pada buku tentang perangkat lunak pada komputer
    2. Mengamati perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis.
    3. Mengamati perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi / multimedia.
    4. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah.
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak program
    3. aplikasi berbasis pengolah grafis dan presentasi / multimedia.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Perangkat keras dan perangkat lunak komputer
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Lembar kerja praktikum
  4. Multimedia, dll.

VI

Penilaian :

1. Tehnik : tes unjuk kerja.

2. Bentuk instrumen : observasi

3. Soal / Instrumen : lembar observasi

Lembar Observasi :

No.

N a m a

check list

Skor

1

2

3

4

5

dst

Keterangan :

  1. Perangkat keras /hardware
  2. Perangkat lunak/software
  3. program aplikasi berbasis pengolah kata
  4. program aplikasi berbasis pengolah angka
  5. program aplikasi berbasis pengolah grafis
  6. program aplikasi berbasis pengolah presentasi/multimedia

Mengetahui :

Kepala Sekolah

…………………..

Nip. ……..

Cipanas, Januari 2007

Guru Mata Pelajaran

Abd. Ajiz Kamaludin, S. PdI

Rencana Perlaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

3. Mempratekkan ketrampilan dasar komputer.

Kompetensi Dasar

:

3.3. Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi.

Indikator

:

  1. Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
  2. Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka.
  3. Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis.
  4. Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi / multimedia.

Alokasi Waktu

:

4X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
  2. Menggunakan program aplikasi berbasis pengolah kata.
  3. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka.
  4. Menggunakan program aplikasi berbasis pengolah angka.
  5. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak program aplikasi pengolah grafis.
  6. Menggunakan program aplikasi berbasis pengolah grafis.
  7. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi / multimedia.
  8. Menggunakan program aplikasi presentasi / multimedia.

II

Materi Ajar :

  1. Perangkat keras/hardwere dan perangkat lunak komputer.
  2. Program aplikasi pengolah kata, pengolah angka, pengolah grafis dan program aplikasipresentasi / multimedia.
  3. Lembar Kerja Praktikum

III

Metode Pembelajaran :

  1. Demonstrasi dan tanya jawab.
  2. Pemberian pengalaman langsung
  3. Telaah pustaka

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang program aplikasi pengolah kata.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mencari informasi pada buku tentang program aplikasi pengolah kata.
    2. Mengggunakan program aplikasi pengolah kata untuk :

i. Membuat teks

ii. Menyimpan dokumen

iii. Membuat kolom

iv. Membuka dokumen

v. Mengedit dokumen

  1. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran program aplikasi pengolah kata.

Pertemuan ke-dua : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang program pengolah kata.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mencari informasi pada buku tentang program aplikasi pengolah kata.
    2. Menggunakan program aplikasi pengolah angka untuk :

i. Menjumlah

ii. Mengurang

iii. Membagi

iv. Mengkali

  1. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran program aplikasi pengolah angka.

Pertemuan Ketiga : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang program aplikasi pengolah grafis.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mencari informasi pada buku tentang program aplikasi pengolah grafis.
    2. Mengggunakan program aplikasi pengolah grafis dengan program paint, corel draw.

  1. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran program aplikasi pengolah grafis.

Pertemuan ke-empat : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang program aplikasi presentasi / multimedia.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mencari informasi pada buku tentang program aplikasi presentasi / multimedia.
    2. Menggunakan program aplikasi presentasi / multimedia untuk membuat Power Point.
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran program aplikasi presentasi / multimedia.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Perangkat keras / perangkat lunak komputer
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Lembar kerja praktikum
  4. Multimedia, dll.

VI

Penilaian :

1. Tehnik : tes tertulis, unjuk kerja.

2. Bentuk instrumen : soal uraian, lembar observasi

3. Soal / Instrumen :

Soal Uraian :

a. Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah kata.

b. Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah angka.

c. Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah grafis.

d. Jelaskan kegunaan program aplikasi presentasi / multimedia.

Lembar Observasi :

Instrumen

Skala Kuantitatif

Nilai

(jumlah /16) X 10

4

3

2

1

1.

2.

3

4.

J u m l a h

Mengetahui :

Kepala Sekolah

…………….

Nip. ……

Cipanas, Januari 2007

Guru Mata Pelajaran

Abd. Ajiz Kamaludin, S. PdI

Rencana Perlaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

3. Mempraktikan ketrampilan dasar komputer.

Kompetensi Dasar

:

3.4. Mempraktikan satu program aplikasi.

Indikator

:

  1. Menemukan menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop.
  2. Menampilkan shortcut program aplikasi pada pada taskbar dan desktop.
  3. Mempraktikan satu program aplikasi.

Alokasi Waktu

:

4X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Menggunakan menu shortcut program aplikasi pada taksbar dan dekstop.
  2. Menggunakan dan menampilkan shortcut program aplikasi pada taksbar dan dekstop.
  3. Mempraktikan salah satu program aplikasi.

II

Materi Ajar :

  1. Perangkat keras/perangkat lunak komputer.
  2. Menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop.

III

Metode Pembelajaran :

  1. Demonstrasi dan tanya jawab.
  2. Pengalaman langsung
  3. Telaah pustaka

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mengamati menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop
    2. Mempraktikan satu program aplikasi.
    3. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah.
    4. Mencari informasi pada buku tentang menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop.

Pertemuan ke-dua : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang salah satu program aplikasi.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Mengamati berbagai program aplikasi.
    2. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah tentang salah satu program aplikasi.
    3. Mencari informasi pada buku paket atau sumber lain tentang salah satu program aplikasi
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran salah satu program aplikasi.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Macam-macam program aplikasi
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Lembar kerja praktikum
  4. Multimedia, dll.

VI

Penilaian :

1. Tehnik : tes tertulis, unjuk kerja.

2. Bentuk instrumen : soal uraian, lembar observasi

3. Soal / Instrumen :

Soal Uraian :

a. Sebutkan macam-macam program aplikasi yang terinstal pada komputer.

b. Sebutkan fungsi menu program dan shortcut program.

c. Sebutkan perbedaan shortcut program pada taksbar dan dekstop.

Mengetahui :

Kepala Sekolah

………………

Nip. ………..

Cipanas, Januari 2007

Guru Mata Pelajaran

Abd. Ajiz Kamaludin, S. PdI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan/Tuliskan Komentar Antum untuk perbaikan Blog saya. OK

Yang Punya Blog

Yang Punya Blog
Abdul Ajiz Kamaludin