Jumat, 03 Juli 2009

RPP TIK kelas VII / 7 semester Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

SMP : SMPN 2 Cipanas

Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester : VII ( Tujuh ) / 1 ( Satu )

Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan prospeknya di masa mendatang

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Indikator : 1. Mengidentifikasi peralatan tekologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang

2. Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( Pertemuan 1 )

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu

1. Mengidentifikasi perlatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang

2. Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi dan komunikasi

B. Materi Pelajaran

  1. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  2. Fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

C. Metode pembelajaran

1. Ceramah 3. Diskusi

2. Tanya Jawab 4. Demonstrasi

Pendekatan model CTL dan Life Skill

D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti

  • Peserta didik membetuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi di lab komputer sekolah dan sekitarnya
  • Peserta didik mencari informasi di media cetak ( buku, majalah dsb ) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup

  • Melakukan refleksi bersama terhadap pemb
  • ajaran yang sudah di lakukan
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar

* Buku paket , Perangkat komputer, Telepon / Hand Phone, Lembar kerja dsb

F. Penilaian

1. Teknik : Tes Tertulis

2. Bentuk Intrumen : Uraian

3. Soal / Intrumen

a. Diantara gambar berikut manakah yang termasuk perangkat teknologi informasi dan komunikasi !

b. Kelompok peralatan tersebut sesuai dengan bidang apa !

c. Jelaskan fungsi peralatan tersebut sesuai dengan penggunaannya

Mengetahui :

Kepala Sekolah

………….

Nip. ……..

Cipanas, Agustus 2008

Guru Mata Pelajaran

Abd. Aziz Kamaludin, S. PdI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

SMP / : SMPN 2 Cipanas

Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester : VII ( Tujuh ) / 1 ( Satu )

Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan prospeknya di masa mendatang

Kompetensi Dasar : 1.2 Mendiskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang

Indikator : 1. Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

2. Mendiskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya

Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( Pertemuan 2 )

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu

1. Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

2. Mendiskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

B. b.Materi Pelajaran

  1. Perkembangan sejarah teknologi informasi dan komunikasi
  2. Perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

C. Metode pembelajaran

1. Ceramah 3. Diskusi

2. Tanya Jawab 4. Demonstrasi

Pendekatan model CTL dan Life Skill

D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Memberikan motifasi kepeda peserta didik agar selalu mengikuti perkembangan sejarah teknologi informasi dan komunikasi

  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti

  • Peserta didik membetuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mengamati perkembanngan sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab.komputer dan sekitarnya
  • Peserta didik melakukan studi pustaka untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  • Masing – masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan

Kegiatan penutup

  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
  • Menarik kesimpulan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar

* Buku paket , Lab.Komputer, Perpustakaan, multi media dll yang relevan

F. Penilaian

1. Teknik : Tes Tertulis

2. Bentuk Intrumen : Uraian

3. Soal / Intrumen

a. Jelaskan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

b. Berikan contoh dua hal hasil studi pustaka

c. Berikan contoh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di sekiatar lingkungan anda

Mengetahui :

Kepala Sekolah

..............................

Nip. .................

Cipanas, Agustus 2008

Guru Mata Pelajaran

Abd. Aziz Kamaludin, S. PdI

RENCANA PERLAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

VII / 1

Standar Kompetensi

:

Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang

Kompetensi Dasar

:

1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan

komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator

:

  1. Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan.
  2. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan

Komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari..

Alokasi Waktu

:

2 X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
  2. Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
  3. Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.

II

Materi Ajar :

  1. Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

III

Metode Pembelajaran :

  1. Diskusi
  2. Tanya Jawab
  3. Penemuan dari telaah pustaka

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Peserta didik membentuk kelompok diskusi
    2. Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
    3. Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
    4. Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Multimedia

VI

Penilaian :

1. Tehnik : Tes tertulis

2. Bentuk instrumen : Tes uraian

3. Soal / Instrumen :

a. Berikan contoh 2 hal manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

b. Jelaskan dengan singkat kenapa di dalam kehidupan sehari-hari perlu teknologi informasi dan komunikasi.

c. Jelaskan arti dari peranan teknologi informasi dan komunikasi.

Mengetahui :

Kepala Sekolah

……………

Nip. ……..

Cipanas, Agustus 2008

Guru Mata Pelajaran

Abdul. Ajiz Kamaludin, S. Pd.I

RENCANA PERLAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

VII / 1

Standar Kompetensi

:

Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang

Kompetensi Dasar

:

1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari

penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Indikator

:

  1. Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan

Komunikasi.

Alokasi Waktu

:

2 X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan kkomunikasi.

II

Materi Ajar :

  1. Keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi.

III

Metode Pembelajaran :

  1. Diskusi dan ceramah
  2. Tanya Jawab
  3. Penemuan dari telaah pustaka

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan menggunakan perangkat dan produk teknologi informasi dan komunikasi.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Peserta didik membentuk kelompok diskusi
    2. Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.
    3. Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Kegiatan Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Menarik kesimpulan tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Multimedia

VI

Penilaian :

1. Tehnik : Tes tertulis

2. Bentuk instrumen : Tes uraian

3. Soal / Instrumen :

a. Berikan contoh 2 macam produk teknologi informasi dan komunikasi.

b. Berikan contoh 2 hal dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.

c. Berikan contoh 2 hal dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.

Mengetahui :

Kepala Sekolah

……………

Nip. ………

Cipanas, Agustus 2008

Guru Mata Pelajaran

Abdul. Ajiz Kamaludin, S. Pd.I

Rencana Perlaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

1 / 1

Standar Kompetensi

:

Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prosfeknya di masa mendatang

Kompetensi Dasar

:

1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negative dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Indikator

:

  1. Mengidentifikasi dampak negative Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mengidentifikasi dampak negative Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.

Alokasi Waktu

:

2 X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Menjelaskan dampak negative penggunaan Teknologi Informatika dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menjelaskan dampak negative penggunaan Teknologi Informatika dan Komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.

II

Materi Ajar :

  1. Dampak negative penggunaan Teknologi Informatika dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Dampak negative penggunaan Teknologi Informatika dan Komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.

III

Metode Pembelajaran :

  1. Diskusi
  2. Tanya Jawab
  3. Penemuan dari telaah pustaka

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Memotivasi siswa dengan mengemukakan beberapa keuntungan penggunaan TIK, kemudian pembicaraan diarahkan sehingga menantang siswa untuk menggali dampak-dampak negetif penggunaan TIK.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. siswa membentuk kelompok diskusi
    2. melakukan studi pustaka sehingga dapat menginventarisir dan menjelaskan dampak-dampak negative penggunaan Teknologi Informatika dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan dampak negative penggunaan Teknologi Informatika dan Komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
    3. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya dalam diskusi kelas dan kelompok lain menanggapi.
    4. Mengamati tayangan tentang dampak negatif peggunaan TIK
  3. Kegiatan Penutup:
    1. melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Membuat kesimpulan.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. multimedia

VI

Penilaian :

1. Tehnik : tes tertulis

2. Bentuk instrumen : soal uraian

3. Soal / Instrumen :

a. Jelaskan dampak-dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

b. Jelaskan dampak-dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.

Mengetahui :

Kepala Sekolah

……………..

Nip. ……….

Cipanas, Nopember 2008

Guru Mata Pelajaran

Abdul. Ajiz Kamaludin, S. Pd.I


Rencana Perlaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

1 / 1

Standar Kompetensi

:

Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer

Kompetensi Dasar

:

2.1 Mengaktifkan Komputer sesuai Prosedur

Indikator

:

  1. Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
  2. Melakukan proses “Cold boot”
  3. Melakukan “warm Boot”

Alokasi Waktu

:

1 X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Menunjukkan tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
  2. mengaktifkan komputer dengan proses ”cold boot” sesuai prosedur
  3. mengaktifkan komputer dengan proses ”warm boot: sesuai prosedur

II

Materi Ajar :

  1. mengaktifkan komputer

III

Metode Pembelajaran :

  1. penemuan
  2. demonstrasi

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Memotivasi siswa dengan mengemukakan beberapa kemudahan menggunakan komputer, kemudian pembicaraan diarahkan sehingga siswa termotivasi untuk dapat mengaktifkan komputer sesuai prosedur
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. siswa membentuk kelompok diskusi
    2. melakukan pengamatan pada perangkat keras untuk menemukan tombol yang berfungsi untuk menghidupkan komputer.
    3. Praktik mengaktifkan komputer melalui ”Cold Boot”
    4. Mengamati dan menemukan ciri bahwa komputer sudah aktif.
    5. Praktik mengaktifkan komputer melalui ”Warm Boot”
    6. Diskusi tentang kapan warm boot diperlukan.
  3. Kegiatan Penutup:
    1. melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Membuat kesimpulan.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. multimedia

VI

Penilaian :

1. Tehnik : unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : lembar observasi

3. Soal / Instrumen :

a. Tunjukkan tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer.

b. aktifkan komputer melalui proses cold boot

c. aktifkan komputer melalui proses warm boot

Lembar Observasi :

Instrumen

Skala Kuantitatif

Nilai

(jumlah / 12) X 10

1

Menunjukkan tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer

4

3

2

1

2.

Mengaktifkan komputer melalui cold boot

3.

Mengaktifkan komputer melalui warm boot

J u m l a h

Mengetahui :

Kepala Sekolah

………………….

Nip. ……….

Cipanas, Agustus 2008

Guru Mata Pelajaran

Abd. Ajiz Kamaludin, S. PdI

Rencana Perlaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

1 / 1

Standar Kompetensi

:

2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer

Kompetensi Dasar

:

2.2 mematikan komputer sesuai prosedur.

Indikator

:

  1. Mematikan computer menggunakan fungsi perintah sesuai prosedur
  2. Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur.

Alokasi Waktu

:

1 X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai prosedur
  2. mengaktifkan komputer menggunakan tombol hardware sesuai prosedur

II

Materi Ajar :

  1. mematikan komputer

III

Metode Pembelajaran :

  1. demonstrasi

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Memotivasi siswa untuk dapat mematikan komputer sesuai prosedur
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Siswa membentuk kelompok diskusi
    2. Diskusi menemukan jawaban, mengapa mematikan komputer harus sesuai prosedur.
    3. Mengamati demonstrasi cara mematikan komputer menggunakan fungsi perintah
    4. Praktik mematikan komputer menggunakan fungsi perintah
    5. Mengamati demonstrasi cara mematikan komputer menggunakan tombol hardware
    6. Praktik mematikan komputer menggunakan tombol hardware
  3. Kegiatan Penutup:
    1. melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Membuat kesimpulan tentang langkah-langkah mematikan komputer.

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. multimedia

VI

Penilaian :

1. Tehnik : unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : lembar observasi

3. Soal / Instrumen :

a. Lakukan proses mematikan komputer menggunakan fungsi perintah.

b. Lakukan proses mematikan komputer menggunakan tombol hardware.

Lembar Observasi :

Instrumen

Skala Kuantitatif

Nilai

(jumlah / 8) X 10

4

3

2

1

1.

Mematikan komputer melalui fungsi perintah

2.

Mengaktifkan komputer melalui tombol hardware

J u m l a h

Mengetahui :

Kepala Sekolah

………………..

Nip. …………

Cipanas, Agustus 2008

Guru Mata Pelajaran

Abd. Ajiz Kamaludin, S. PdI

Rencana Perlaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester

:

1 / 1

Standar Kompetensi

:

2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer

Kompetensi Dasar

:

2.3 Melakukan Operasi dasar pada Operating System dengan sistimatis

Indikator

:

  1. Menggunakan sistem operasi (misalnya Windows TM)
  2. Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder.

Alokasi Waktu

:

4X 40 menit.

I

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Menggunakan sistem operasi (misalnya Windows TM) untuk mengatur tampilan
  2. Menggunakan file manager untuk membuat folder
  3. Mengubah nama folder
  4. mengcopy file dari folder lain ke folder yang diinginkan
  5. mengubah nama file

II

Materi Ajar :

  1. sistem operasi
  2. pengelolaan folder dan file

III

Metode Pembelajaran :

  1. demonstrasi
  2. pengalaman langsung
  3. telaah pustaka

Pendekatan CTL dan life skill.

IV

Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.

Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Memotivasi siswa dengan cara mendemonstrasikan beberapa kemudahan dalam penggunaan komputer.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Siswa membentuk kelompok diskusi
    2. Mengamati Lembar Kerja Praktik tentang sistem operasi dan mempraktikkan pada komputer
    3. Mengamati fenomena yang terjadi pada layar monitor dan membuat catatan-catatan pada lembar praktikum
  3. Kegiatan Penutup:
    1. melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Membuat kesimpulan bersama tentang sistem operasi

Pertemuan ke-dua : (2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan :
    1. Memotivasi siswa dengan cara mendemonstrasikan beberapa kemudahan dalam penggunaan komputer.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan Inti:
    1. Siswa membentuk kelompok diskusi
    2. Mengamati Lembar Kerja Praktik tentang file manager (membuat folder, mengubah nama folder, mengcopy file dari folder lain ke folder yang dikehendaki, mengubah nama file) dan mempraktikkan pada komputer
    3. Mengamati fenomena yang terjadi pada layar monitor dan membuat catatan-catatan pada lembar praktikum
  3. Kegiatan Penutup:
    1. melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
    2. Membuat kesimpulan bersama tentang file manager

V

Sumber / Alat pembelajaran :

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. lembar kerja praktikum
  4. multimedia

VI

Penilaian :

1. Tehnik : tes tertulis, unjuk kerja.

2. Bentuk instrumen : soal uraian, lembar observasi

3. Soal / Instrumen :

Soal Uraian :

a. Tuliskan langkah-langkah untuk mengubah tampilan desktop

b. Tuliskan langkah-langkah untuk mengaktifkan screen saver dan waktu mengatur waktu tunggu screen saver

c. Sebutkan karakter-karakter yang tidak boleh dipakai untuk memberi nama folder ?

Tes unjuk kerja :

a. periksalah apakah dalam folder MyDocumen ada folder yang namanya « folderku »

b. Kalau dalam folder MyDocumen belum ada folder « folderku », buatlah.

c. Ubahlah nama « folderku » dengan identitas kamu, maksimal 20 karakter.

d. copy lah file ”file bersama.doc ” dari folder ” latihan ” ke foldermu

e. ubahlah nama file ”file bersama.doc” menjadi ”file saya”

Lembar Observasi :

Instrumen

Skala Kuantitatif

Nilai

(jumlah /20) X 10

4

3

2

1

1.

Melihat isi folder MyDocument

2.

Membuat folder dalam Mydocument

3

Mengubah nama folder

4.

Mengcopy file

5.

Mengubah nama file

J u m l a h

Mengetahui :

Kepala Sekolah

……………………

Nip. ……….

Cipanas, Agustus 2008

Guru Mata Pelajaran

Abd. Ajiz Kamaludin, S. PdI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan/Tuliskan Komentar Antum untuk perbaikan Blog saya. OK

Yang Punya Blog

Yang Punya Blog
Abdul Ajiz Kamaludin