Jumat, 03 Juli 2009

RPP TIK kelas IX / 9 Semester Ganjil

Contoh RPP TIK kelas IX / 9 semester Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/ MTs

:

.............

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/ Semester

:

IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1. Memahami dasar-dasar penggunaan

internet/intranet.

Kompetensi Dasar

:

1.1. Menjelaskan pengertian internet/intranet.

Indikator

:

  • Menjelaskan pengertian internet

  • Menjelaskan pengertian intranet

  • Menyebutkan kegunaan internet

  • Menyebutkan kegunaan intranet

Alokasi Waktu

:

1 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  • Menjelaskan pengertian internet
  • Menjelaskan pengertian intranet
  • Menyebutkan kegunaan internet
  • Menyebutkan kegunaan intranet

B. Materi Pembelajaran

  • Pengertian internet
  • Kegunaan internet
  • Pengertian intranet
  • Kegunaan intranet

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan Model CTL dan life skill

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan tentang kegunaan komputer

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang internet dan intranet.

· Mencari informasi dari media informasi lain tentang internet dan intranet.

3. Kegiatan Penutup

· Menarik kesimpulan tentang internet dan intranet.

E. Sumber Belajar

Buku paket dan media informasi lain.

F. Penilaian

1. Tehnik

Tes tertulis.

2. Bentuk Instrumen

Uraian

3. Soal/Instrumen

a. Apa yang dimaksud dengan internet!

b. Sebutkan kegunaan internet!

c. Apa yang dimaksud dengan intranet!

d. Sebutkan kegunaan intranet!

Cipanas, …………………

Keterangan : Guru Mata Pelajaran TIK

Penilaian

Nilai KD = Jumlah skor x 2,5

Abd. Ajiz Kamaludin


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/ MTs

:

.............

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/ Semester

:

IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1. Memahami dasar-dasar penggunaan

internet/intranet.

Kompetensi Dasar

:

1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet.

Indikator

:

  • Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet

  • Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet

Alokasi Waktu

:

1 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  • Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
  • Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet

B. Materi Pembelajaran

  • Dasar-dasar sistem jaringan internet
  • Dasar-dasar sistem jaringan intranet

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan Model CTL dan life skill

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan tentang pengertian internet/intranet.

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.

3. Kegiatan Penutup

· Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.

E. Sumber Belajar

Buku paket dan media informasi lain.

F. Penilaian

4. Tehnik

Tes tertulis.

5. Bentuk Instrumen

Uraian

6. Soal/Instrumen

a. Gambarkan bagan jaringan internet!

b. Gambarkan bagan jaringan intranet!

Cipanas, …………………

Keterangan : Guru Mata Pelajaran TIK

Penilaian

Nilai KD = Jumlah skor x 5

Abd. Ajiz Kamaludin


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/ MTs

:

.............

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/ Semester

:

IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1. Memahami dasar-dasar penggunaan

internet/intranet.

Kompetensi Dasar

:

1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses internet.

Indikator

:

  • Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet.

  • Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.

Alokasi Waktu

:

1 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  • Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
  • Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.

B. Materi Pembelajaran

  • Ukuran kecepatan akses internet

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan Model CTL dan life skill

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.

3. Kegiatan Penutup

· Menarik kesimpulan.

E. Sumber Belajar

Buku paket dan media informasi lain.

F. Penilaian

1. Tehnik

Tes tertulis.

2. Bentuk Instrumen

Uraian

3. Soal/Instrumen

a. Sebutkan ukuran kecepatan akses internet!

Cipanas, …………………

Keterangan : Guru Mata Pelajaran TIK

Penilaian

Nilai KD = Jumlah skor

Abd. Ajiz Kamaludin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan/Tuliskan Komentar Antum untuk perbaikan Blog saya. OK

Yang Punya Blog

Yang Punya Blog
Abdul Ajiz Kamaludin