Sabtu, 02 April 2016

INSTRUMEN SUPERVISI KELAS



FORMAT A
INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK

Mata Pelajaran                         :..................................

PANDUAN WAWANCARA PRA PENGAMATAN

Lamanya wawancara : ……………… menit
NO
PERTANYAAN
CATATAN PENGAMAT
1
KD/Indikator apa yang saudara sajikan?

2
Metode apa yang akan saudara gunakan dalam pembelajaran KD ini? Apa alas an saudara memilih metode tersebut

3
Alat dan Bahan (sumber Belajar) apakah yang saudara siapkan? Jelaskan alasannya

4
Ceritakan tahapan pembelajaran yang akan sauadara sajikan !

5
Pesiapan tertulis apa saja yang saudara buat?

6
Materi apa yang dianggap sulit oleh siswa berdasarkan perkiraan saudara?
Jika ada, materi apa? Jelaskan alas an saudara

7
Kompetensi apa yang akan dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran sesuai dengan harapan anda?

8
Apa yang perlu mendapat perhatian khusus pada pembelajaran kali ini?




FORMAT B
 
INSTRUMEN PERIKSA / PENGAMATAN


1.      Nama Sekolah              : ....................................................................................................................
2.      Nama guru                   : ....................................................................................................................
3.      Mata pelajaran             : ....................................................................................................................
4.      Kelas / semester          : ....................................................................................................................
5.      Hari/ tanggal/ jam ke : ....................................................................................................................
6.      Kompetensi Dasar/     : ....................................................................................................................
Indikator                      : ....................................................................................................................
                                        ....................................................................................................................
                                        ....................................................................................................................
7.      Jumlah siswa                : ………orang, hadir: ………orang, tidak hadir: ……. Orang

No
Aspek yang diamati
Ya
Tidak ada
Ket.
Baik
Perlu diperbaiki
I
PERSIAPAN




1
Program Tahunan




2
Program Semester




3
Silabus




4
KKM untuk KD yang dibahas




5
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran




6
Buku Nilai memuat semua tagihan yang telah di laksanakan





JUMLAH




II
KEGIATAN PEMBELAJARAN




A
PENDAHULUAN




1
Kesiapan alat bantu & media Pembelajaran




2
Motivasi




3
Apersepsi




4
Kejelasan Komptensi Dasar/Indikator




5
Kesiapan Bahan Ajar





JUMLAH II A




B
KEGIATAN POKOK




1
Penguasaan materi




2
Pengelolaan Kelas




3
Pengelolaan Waktu




4
Metode/Pendekatan yang bervariasi




5
Penggunaan alat bantu/media pembelajaran




6
Peran guru sebagai fasilitator/bimbingan yang diberikan kepada peserta didik




7
Teknik Bertanya




8
Penggunaan Papan Tulis/White Board




9
Interaksi Guru – Peserta Didik




10
Interaksi antar peserta didik




11
Aktivitas peserta didik
a.       Menggali informasi dari berbagai sumber





b.      Mengolah informasi / data





c.       Melakukan penelitian / memecahkan maslah





d.      Bekomunikasi lisan /tertulis (mempresentasikan hasil/pidato/mengarang,. Dsb)





e.       Mengajukan pertanyaan yang berbobot/ide kreatif





f.        Menghubungkan materi pembelajaran dengan budi pekerti/teknologi/kehidupan sehari-hari/lingkungan





g.       Mengambil keputusan/menarik kesimpulan




12
Sikap/ minat peserta didik dalam pembelajaran
a.       Kehadiran





b.      Membawa buku pelajaran yang relevan





c.       Buku catatan rapi




13
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Idikator





JUMLAH II B




C
PENUTUP




1
Siswa membuat rangkuman/kesimpulan dibimbing guru




2
Membersihkan alat/bahan yang selesai digunakan




3
Tugas untuk pertemuan berikutnya





JUMLAH II C





JUMLAH “YA (ada, baik) seluruhnya





KUALIFIKASI





Catatan:
……………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………

Lebakgedong,……………….......2016
Mengetahui
Kepala Sekolah,




................................
NIP .................................
Guru,





…………………………………..
NIP
Supervisor,





…………………………………..
NIP







FORMAT C

INSTRUMEN SUPERVISI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Nama Sekolah                       : .................................................................................................
Nama Guru                            : .................................................................................................
Mengajar Kelas                     : .................................................................................................
Mata Pelajaran                      : .................................................................................................
Hari/Tanggal supervisi        : .................................................................................................
Jam Ke                                    : .................................................................................................
Aspek yang dinilai dan cara penilaian
Bobot
maksimal
Nilai
Keterangan

S1
S2
A. Perangkat Pembelajaran





a.       Memiliki Kalender Pendidikan
2
20



b.      Menyusun Program Tahunan
4



c.       Menyusun Program Semester
4



d.      Membuat Silabus
4



e.     Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
6





Jumlah =



B. KELENGKAPAN SEKENARIO PEMBELAJARAN





a.     Identitas Lengkap
2
10



b.     Tercantum/ Memuat SK, KD,Indikator dan Materi Pokok
2



c.     Berisi Pengalaman Bekerja/ Langkah Mengajar,  Sumber/bahan/ Media Belajar
2



d.     Ada Penilaian yang Terdiri Dari Jenis Tagihan,  Bentuk, instrumen, dan Contoh Instrumen
2



e.    Ada Kunci Jawaban dan Uraian Tugas Berikutnya.
2





Jumlah =



C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR





a.     Kegiatan Guru Memberikan Motivasi Kepada  Siswa Tercantum/ Diuraikan pada sekenario/ RPP
2
10



b.     Motifasi Berupa Contoh atau Pertanyaan Untuk Menggali Informasi Sesuai Dengan Kopetens
2



c.     Dalam Motifasi Dikemukakan Kopetensi Yang  Akan Dicapai Dalam Kegiatan Pembelajaran
2



d.     Dalam Memotifasi Ditemukan Life Skill yang Perlu Dimiliki dan Manfaatnya Dalam Kehidupan.
4





Jumlah =



II.Kegiatan Inti





A. Dalam Bentuk Klasikal





a.     Guru Memasuki Kegiatan Ini Berkesinambungan Dengan Motifasi yang Telah Disampaikan
2
20



b.     Kegiatan Inti Berpusat Pada Guru
2



c.     Kegiatan Inti Melibatkan Siswa Untuk Menemukan Konsep Membangun/ Mengkkonsruksi Pengetahuan
5



d.     Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK, KD, Indikator yang ingin dicapai dan Materi Pelajaran
5



e.     Guru Memberikan Tugas Lantujutan Kepada Siswa Sesuaai Dengan SK, KD dan Indikator
6





Jumlah =



B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok





a.     Guru Mengatur Pembagian Kelompok
2
20



b.     Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Mendapat  Respon Positif Dari Siswa
2



c.     Anggota Tiap Kelompok Berpartisipasi Aktif Dalam Diskusi / Kerja Kelompok
5



d.     Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Dilanjutkan Dengan Diskusi Kelas
5



e.     Guru Mengunakan Lembar Penilaian Diskusi/Kerja Kelompok
6





Jumlah =



III. Sumber / Bahan / Media





a.     Sumber/Bahan/Media yang Digunakan Sesuai Dengan SK, KD, dan Indikator
2
10



b.     Bahan/Media yang Disediakan Sesuai Dengan Kebutuhan Materi Pokok Pembelajaran
2



c.     Menggunakan bahan yang Otentik Dan yang ada di Sekeliling Siswa
2



d.     Bahan Yang Digunakan Mendorong Siswa Dan Melakukan Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan Data Menarik Kesimpulan
4





Jumlah =



IV. Penilaian





a.     Penilaian Dilakukan Sesuai Dengan Jenis Tagihan
2
10



b.     Penilaian Relevan Dengan Kopetensi Dan Indikatornya
2



c.     Penilaian Hanya Mengarah Pada Ranah Kognitif
2



d.     Penilaian Mengarah Juga Pada RanahAfektif dan Psikomotor
4





Jumlah =



V. Penutup





A. Dalam Bentuk Klasikal :





a.     Kegiatan Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu
b.     Yang direncanakan
2
10



c.     Inti/ Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Guru
2



d.     Inti / Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Siswa
2



e.     KBM Dilakukan Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM
4





Jumlah =



B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok





a.    Setiap Kelompok Menyampaikan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok Di Depan Kelas
2
10



b.    Hasil Diskusi Kelompok Mendapat Respon Positif/ Negatif Dari Kelompok Lain
2



c.     Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok Dilakukan Oleh Guru
2



d.    Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja Kelompok dilakukan Oleh Siswa Dengan Bimbingan Guru
4





Jumlah =



Keterangan:
S1 = semester 1
S2 = semester 2

Hasil Penilaian = .......................... x 100 = ...............
Jumlah Nilai Ideal = 90
Pada II dan V bentuk klasikal atau diskusi / kerja kelompok,
Gunakan hanya salah satu saja, kalau klasikal tidak menggunakan
Penilaian diskusi/ kerja kelompok, begitupun sebaliknya

Katagori Penilaian
90 s/d 100 = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89 = Baik Sekali
60 s/d 79 = Baik
50 s/d 69 = Cukup
40 s/d 49 = Kurang
< 40 = Kurang Sekali

Komentar / Saran
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Lebakgedong,……………….......2016
Mengetahui
Kepala Sekolah,




...................................
NIP
Guru,





…………………………………..
NIP
Supervisor,





…………………………………..
NIP


Catatan :
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan/Tuliskan Komentar Antum untuk perbaikan Blog saya. OK

Yang Punya Blog

Yang Punya Blog
Abdul Ajiz Kamaludin