Sabtu, 02 April 2016

CONTOH PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH





PROGRAM SUPERVISI KEPALA Sekolah
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Disusun dalam rangka
memenuhi/implementasi kompetensi menejerial dan kompetensi Supervisi
 Kepala  Sekolah






COVER














DISUSUN OLEH :

..............................................
NIP









SMP NEGERI Satap 2 lebakgedong
lebak - banten




KATA PENGANTAR


Puji dan syukur  dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun 2015/2016 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong.
Program Supervisi Tahun 2015/2016 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi ini meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik. Supervisi Akademik dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan administrasi Sekolah.
Harapan kami semoga Program Supervisi Tahun Pelajaran 2015/2016 ini dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan  dan administrasi Sekolah.
Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terutama Pengawas yang memberi masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.


Lebakgedong,  Juli 2015
Kepala Sekolah,



...............................................
NIP








DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL                           : .....................................................................................
KATA PENGANTAR                         : ..................................................................................... ii
DAFTAR ISI                                         : ..................................................................................... iii        
BAB I PENDAHULUAN                  :
A.      Latar Belakang                  : ..................................................................................... 1
B.      Landasan Hukum             : ..................................................................................... 1
C.      Tujuan                                 : ..................................................................................... 2
D.     Ruang Lingkup                  : ..................................................................................... 2
BAB II ANALISIS HASIL SUPERVISI TAHUN 2014/2015........................................................ 4
BAB III RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2015/2016
A.      Rencana Supervisi Akademik............................................................................... 7
B.      Rencana Supervisi Internal Manajerial.................................................................. 7
C.      Jadwal Kegiatan Supervisi Akademik Tahun 2015/2016.......................................... 8
D.     Jadwal Kegiatan Supervisi Internal Manajerial Tahun 2015/2016............................ 8
BAB  IV PENUTUP                           : .....................................................................................  9
LAMPIRAN-LAMPIRAN                 
 Instrumen Penilaian Supervisi Kelas
Instrumen Penilaian supervisi Menejerial
Jadwal Supervisi Kelas
Rencana Tindak Lanjut (RTL)

















BAB I
P E N D A H U L U A N

  1. Latar Belakang
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai/memiliki Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.
Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademik dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.
Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun 2014/2015 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti :  pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif, dan sebagainya. Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademik di SMPN Satap 2 Lebakgedong.
B.      Landasan Hukum.
1.       Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.       Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3.       Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4.       Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi  Kepala Sekolah / Sekolah
5.       Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
6.       Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
C.      Tujuan.
Penyusunan Program Supervisi Tahun 2015/2016 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong ini bertujuan sebagai berikut :
1.       Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SMPN Satap 2 Lebakgedong
2.       Usaha terus menerus untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
3.       Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas lulusan.
4.       Selain supervisi akademik, program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SMPN Satap 2 Lebakgedong yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi Sekolah
D.      Ruang Lingkup.
Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun 2014/2015 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong adalah :
1.       Supervisi Akademik :
a.    Pengembangan Silabus/Perumusan Indikator
b.    Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran
c.     Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
d.    Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
e.    Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
f.      Pelaksanaan Pembelajaran
g.    BK/Pengembangan Diri
2.       Supervisi Internal Manajerial :
a.    Administrasi Tata Usaha
b.    Kurikulum
c.     Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
d.    Sarana/Prasarana
e.    Humas
f.      Perpustakaan
g.    Lingkungan/Budaya Sekolah

BAB II
ANALISA HASIL SUPERVISI TAHUN PELAJARAN YANG LALU

A.      Analisa Hasil Supervisi Akademik Tahun Lalu
Adapun hasil analisis pelaksanaan program supervisi Akademik tahun pelajaran tahun 2014/2015 sebagai berikut :               
No.
Aspek Supervisi
Ketuntasan
1
Pemetaan Standar Isi
Belum Tuntas
2
Pengembangan Indikator
Belum Tuntas
3
Pengembangan Silabus
Belum Tuntas
4
Penyusunan RPP
Belum Tuntas
5
Penyusunan Dokumen KKM
Belum Tuntas
6
Penggunaan Media Pembelajaran
Belum Tuntas
7
Metode Pembelajaran
Belum Tuntas
8
Penggunaan Sumber Belajar
Belum Tuntas
9
Penggunaan Media Pembelajaran
Belum Tuntas
10
Penggunaan dan Teknik Penilaian
Belum Tuntas
11
Analisis Hasil Belajar
Belum Tuntas
12
Pemanfaatan TIK
Belum Tuntas
13
Analisis Ketuntasan Belajar
Belum Tuntas

Hasil ketuntasan target yang diharapkan pada program supervisi tahun 2015/2016 menunjukkan bahwa perlu dilakukan upaya untuk mencapai peningkatan pada aspek supervisi sebagai berikut :
  • Analisa konteks sebagai dasar pengembangan KTSP yang berorientasi kepada kesesuaian kurikulum dengan potensi peserta didik, karakteristik Sekolah dan kondisi lingkungan
  • Pemetaan Standar Isi : Perlu dilanjutkan pemetaan standar isi pada setiap SK-KD setiap mata pelajaran untuk menghasilkan silabus yang sesuai dengan karakter Sekolah dan potensi daerah
  • Perumusan indikator pada SK-KD menunjukkan bahwa sebahagian besar sudah sesuai untuk memenuhi tuntutan pencapaian kompetensi namun sebahagian kecil masih perlu diperbaiki melalui kegiatan reviu di bawah koordinasi Tim Pengembang Sekolah
  • Penggunaan media pembelajaran perlu diperluas dengan media yang lebih akurat dan didukung oleh teknologi informasi dengan memanfaatkan komputer dan internet
  • Penggunaan Metode Pembelajaran masih perlu menjadi bagian yang perlu perbaikan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif yang mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar
  • Penggunaan sumber belajar masih berorientasi pada buku paket dan modul diharapkan pada tahun berikutnya lebih diperkaya dengan pemanfaatan sumber belajar melalui internet, jurnal ilmiah dan media lainnya seperti buletin, koran, majalah dsb.
  • Sebahagian penggunaan teknik dan alat penilaian masih perlu disempurnakan terutama dalam pemilihan yang sesuai antara teknik dan alat penilaian dengan tuntutan KD
  • Analisa Hasil Belajar masih perlu peningkatan untuk dilakukan oleh seluruh guru dan seluruh mata pelajaran untuk mengetahui tingkat daya serap dan umpan balik bagi perbaikan pembelajaran tahun berikutnya
  • Perlu peningkatan penguasaan teknologi informatika bagi guru untuk mampu menggunakan TIK dalam kegiatan pembelajaran
  • Perlu peningkatan pelaksanaan analisis ketuntasan sebagai pertimbangan bagi peningkatan KKM tahun berikutnya dan  sebagai bahan perbaikan pembelajaran
B.      Analisis Hasil Supervisi Internal Manajerial tahun 2014/2015
Hasil supervisi internal manajerial terutama berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas staf manajerial perlu peningkatan pada :
·         Kinerja Tim Pengembang Sekolah dalam mereviu dan merevisi KTSP
·         Perlunya pembinaan Tim Pengembang Kurikulum SMPN Satap 2 Lebakgedong yang solid
·         Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
·         Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
·         Peningkatan sistem informasi manajemen
·         Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder
·         Peningkatan Manajemen Pengelolaan perpustakaan dan Laboratorium serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
·         Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler


BAB III
RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2015/2016

A.      Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016
Pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016 yang disusun berdasarkan hasil evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi Akademik tahun sebelumnya diharapkan akan memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu proses dan output proses pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di kelas yang diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :
1.       Peningkatan pemahaman guru terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dengan titik berat pada :
a.    Review KTSP berupa telaah terhadap pengembangan silabus yang sesuai dengan kebutuhan pada setiap mata pelajaran
b.    Perumusan Kompetensi Dasar dan Indikator
c.     Penyusunan RPP
2.       Penggunaan Metode – Metode dan Model-Model  Pembelajaran yang lebih variatif dan meningkatkan antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran
3.       Penggunaan instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan kompetensi
4.       Pelaksanaan proses pembelajaran yang efektif dan efisien dengan mengacu kepada tuntutan penguasaan kompetensi
Agar pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016 ini berlansung efektif dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas : Kepala Sekolah, Pengawas, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .

B.      Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016
Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016 disusun dengan mempertimbangkan hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademik Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademik Semester Genap.  Jadwal selengkapnya terlampir.
C.      Rencana Supervisi Manajerial Internal
Pelaksanaan Supervisi Internal dalam bidang manajerial Sekolah dilakukan pada setiap unit kegiatan yang ada dalam jajaran manajerial SMPN Satap 2 Lebakgedong  Pelaksanaannya dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas pada setiap unit dengan target utama adalah pembenahan pada :
1.       Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
2.       Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SMPN Satap 2 Lebakgedong yang solid
3.       Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
4.       Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
5.       Peningkatan sistem informasi manajemen
6.       Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stake holde
7.        Peningkatan Manajemen Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
8.       Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler
D.      Jadwal Pelaksanaan Supervisi Internal Manajerial
Jadwal pelaksanaan supervisi internal manajerial akan disusun bersama dengan Stake Holder  SMPN Satap 2 Lebakgedong disesuaikan dengan program pembinaan manajerial dari Pengawas




BAB IV
P E N U T U P


                Demikianlah program supervisi SMPN Satap 2 Lebakgedong ini disusun dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan Sekolah dan kualitas pembelajaran pada setiap program di SMPN Satap 2 Lebakgedong Pada akhir tahun pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut nya sebagai dasar penyusunan program supervisi SMPN Satap 2 Lebakgedong Tahun Pelajaran 2016/2017.














8 komentar:

  1. terima kasih atas karyanya sangat bermanfaat untuk kami tenaga kependidikan di daerah

    BalasHapus
  2. Trims contoh program supervisinya. Izin copas.

    BalasHapus
  3. Assalamu 'alaikum warahmatullah ...... Jazakallahu khoiron sangat membantu sekali. namun untuk Jadwal Supervisi nya belum tercantum ya. mohon di posting juga ya. terima kasih

    BalasHapus
  4. Terima kasih contoh program supervisinya. Izin copas pak.

    BalasHapus
  5. terimakasih contoh program supervisinya pak....merasa sangat terbantu...

    BalasHapus
  6. terima kasih pak, jazakumullohu khoiron katsiro. semoga menjadi amal sholih yang jariah. Aamiin.

    BalasHapus

Masukan/Tuliskan Komentar Antum untuk perbaikan Blog saya. OK

Yang Punya Blog

Yang Punya Blog
Abdul Ajiz Kamaludin