FORMAT A
|
Mata Pelajaran :..................................
PANDUAN WAWANCARA PRA
PENGAMATAN
Lamanya wawancara : ……………… menit
NO
|
PERTANYAAN
|
CATATAN PENGAMAT
|
1
|
KD/Indikator apa yang saudara
sajikan?
|
|
2
|
Metode apa yang akan saudara
gunakan dalam pembelajaran KD ini? Apa alas an saudara memilih metode
tersebut
|
|
3
|
Alat dan Bahan (sumber Belajar)
apakah yang saudara siapkan? Jelaskan alasannya
|
|
4
|
Ceritakan tahapan pembelajaran
yang akan sauadara sajikan !
|
|
5
|
Pesiapan tertulis apa saja yang
saudara buat?
|
|
6
|
Materi apa yang dianggap sulit
oleh siswa berdasarkan perkiraan saudara?
Jika ada, materi apa? Jelaskan
alas an saudara
|
|
7
|
Kompetensi apa yang akan dimiliki siswa setelah
mengikuti pembelajaran sesuai dengan harapan anda?
|
|
8
|
Apa yang perlu mendapat
perhatian khusus pada pembelajaran kali ini?
|
|
FORMAT B
|
INSTRUMEN PERIKSA / PENGAMATAN
1. Nama Sekolah : ....................................................................................................................
2. Nama guru : ....................................................................................................................
3. Mata pelajaran : ....................................................................................................................
4. Kelas / semester : ....................................................................................................................
5. Hari/ tanggal/ jam ke : ....................................................................................................................
6. Kompetensi Dasar/ : ....................................................................................................................
Indikator :
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................
7. Jumlah siswa :
………orang, hadir: ………orang, tidak hadir: ……. Orang
No
|
Aspek yang diamati
|
Ya
|
Tidak ada
|
Ket.
|
|
Baik
|
Perlu diperbaiki
|
||||
I
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1
|
Program Tahunan
|
|
|
|
|
2
|
Program Semester
|
|
|
|
|
3
|
Silabus
|
|
|
|
|
4
|
KKM untuk KD yang dibahas
|
|
|
|
|
5
|
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
|
|
|
|
|
6
|
Buku Nilai memuat semua tagihan
yang telah di laksanakan
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
II
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
A
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
1
|
Kesiapan alat bantu & media
Pembelajaran
|
|
|
|
|
2
|
Motivasi
|
|
|
|
|
3
|
Apersepsi
|
|
|
|
|
4
|
Kejelasan Komptensi
Dasar/Indikator
|
|
|
|
|
5
|
Kesiapan Bahan Ajar
|
|
|
|
|
|
JUMLAH II A
|
|
|
|
|
B
|
KEGIATAN POKOK
|
|
|
|
|
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Pengelolaan Kelas
|
|
|
|
|
3
|
Pengelolaan Waktu
|
|
|
|
|
4
|
Metode/Pendekatan yang
bervariasi
|
|
|
|
|
5
|
Penggunaan alat bantu/media
pembelajaran
|
|
|
|
|
6
|
Peran guru sebagai
fasilitator/bimbingan yang diberikan kepada peserta didik
|
|
|
|
|
7
|
Teknik Bertanya
|
|
|
|
|
8
|
Penggunaan Papan Tulis/White
Board
|
|
|
|
|
9
|
Interaksi Guru – Peserta Didik
|
|
|
|
|
10
|
Interaksi antar peserta didik
|
|
|
|
|
11
|
Aktivitas peserta didik
a.
Menggali informasi dari
berbagai sumber
|
|
|
|
|
|
b.
Mengolah informasi / data
|
|
|
|
|
|
c.
Melakukan penelitian /
memecahkan maslah
|
|
|
|
|
|
d.
Bekomunikasi lisan /tertulis
(mempresentasikan hasil/pidato/mengarang,. Dsb)
|
|
|
|
|
|
e.
Mengajukan pertanyaan yang
berbobot/ide kreatif
|
|
|
|
|
|
f.
Menghubungkan materi
pembelajaran dengan budi pekerti/teknologi/kehidupan sehari-hari/lingkungan
|
|
|
|
|
|
g.
Mengambil keputusan/menarik
kesimpulan
|
|
|
|
|
12
|
Sikap/
minat peserta didik dalam pembelajaran
a.
Kehadiran
|
|
|
|
|
|
b.
Membawa buku pelajaran yang
relevan
|
|
|
|
|
|
c.
Buku catatan rapi
|
|
|
|
|
13
|
Pencapaian Kompetensi Dasar dan
Idikator
|
|
|
|
|
|
JUMLAH II B
|
|
|
|
|
C
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
1
|
Siswa membuat
rangkuman/kesimpulan dibimbing guru
|
|
|
|
|
2
|
Membersihkan alat/bahan yang
selesai digunakan
|
|
|
|
|
3
|
Tugas untuk pertemuan
berikutnya
|
|
|
|
|
|
JUMLAH II C
|
|
|
|
|
|
JUMLAH “YA (ada, baik)
seluruhnya
|
|
|
|
|
|
KUALIFIKASI
|
|
|
|
|
Catatan:
……………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………
Lebakgedong,……………….......2016
Mengetahui
Kepala Sekolah,
................................
NIP .................................
|
Guru,
…………………………………..
NIP
|
Supervisor,
…………………………………..
NIP
|
FORMAT C
|
Nama Sekolah : .................................................................................................
Nama Guru : .................................................................................................
Mengajar Kelas : .................................................................................................
Mata Pelajaran : .................................................................................................
Hari/Tanggal
supervisi : .................................................................................................
Jam Ke :
.................................................................................................
Aspek yang dinilai
dan cara penilaian
|
Bobot
maksimal
|
Nilai
|
Keterangan
|
||
|
S1
|
S2
|
|||
A. Perangkat Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a.
Memiliki Kalender Pendidikan
|
2
|
20
|
|
|
|
b.
Menyusun Program Tahunan
|
4
|
|
|
|
|
c.
Menyusun Program Semester
|
4
|
|
|
|
|
d.
Membuat Silabus
|
4
|
|
|
|
|
e.
Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
B. KELENGKAPAN SEKENARIO PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
a. Identitas Lengkap
|
2
|
10
|
|
|
|
b.
Tercantum/ Memuat SK, KD,Indikator dan Materi Pokok
|
2
|
|
|
|
|
c.
Berisi Pengalaman Bekerja/ Langkah Mengajar, Sumber/bahan/ Media Belajar
|
2
|
|
|
|
|
d.
Ada Penilaian yang Terdiri Dari Jenis Tagihan, Bentuk, instrumen, dan Contoh Instrumen
|
2
|
|
|
|
|
e.
Ada Kunci Jawaban dan Uraian Tugas Berikutnya.
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
|
|
|
|
|
|
a.
Kegiatan Guru Memberikan Motivasi Kepada Siswa Tercantum/ Diuraikan pada sekenario/
RPP
|
2
|
10
|
|
|
|
b.
Motifasi Berupa Contoh atau Pertanyaan Untuk Menggali Informasi
Sesuai Dengan Kopetens
|
2
|
|
|
|
|
c.
Dalam Motifasi Dikemukakan Kopetensi Yang Akan Dicapai Dalam Kegiatan Pembelajaran
|
2
|
|
|
|
|
d.
Dalam Memotifasi Ditemukan Life Skill yang Perlu Dimiliki dan
Manfaatnya Dalam Kehidupan.
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
II.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal
|
|
|
|
|
|
a.
Guru Memasuki Kegiatan Ini Berkesinambungan Dengan Motifasi yang
Telah Disampaikan
|
2
|
20
|
|
|
|
b.
Kegiatan Inti Berpusat Pada Guru
|
2
|
|
|
|
|
c.
Kegiatan Inti Melibatkan Siswa Untuk Menemukan Konsep Membangun/
Mengkkonsruksi Pengetahuan
|
5
|
|
|
|
|
d.
Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK, KD, Indikator yang ingin dicapai dan
Materi Pelajaran
|
5
|
|
|
|
|
e.
Guru Memberikan Tugas Lantujutan Kepada Siswa Sesuaai Dengan SK, KD
dan Indikator
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi /
Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
a.
Guru Mengatur Pembagian Kelompok
|
2
|
20
|
|
|
|
b.
Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Mendapat Respon Positif Dari Siswa
|
2
|
|
|
|
|
c.
Anggota Tiap Kelompok Berpartisipasi Aktif Dalam Diskusi / Kerja
Kelompok
|
5
|
|
|
|
|
d.
Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Dilanjutkan Dengan Diskusi Kelas
|
5
|
|
|
|
|
e.
Guru Mengunakan Lembar Penilaian Diskusi/Kerja Kelompok
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
III. Sumber / Bahan /
Media
|
|
|
|
|
|
a.
Sumber/Bahan/Media yang Digunakan Sesuai Dengan SK, KD, dan
Indikator
|
2
|
10
|
|
|
|
b.
Bahan/Media yang Disediakan Sesuai Dengan Kebutuhan Materi Pokok
Pembelajaran
|
2
|
|
|
|
|
c.
Menggunakan bahan yang Otentik Dan yang ada di Sekeliling Siswa
|
2
|
|
|
|
|
d.
Bahan Yang Digunakan Mendorong Siswa Dan Melakukan
Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan Data Menarik Kesimpulan
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
IV. Penilaian
|
|
|
|
|
|
a.
Penilaian Dilakukan Sesuai Dengan Jenis Tagihan
|
2
|
10
|
|
|
|
b.
Penilaian Relevan Dengan Kopetensi Dan Indikatornya
|
2
|
|
|
|
|
c.
Penilaian Hanya Mengarah Pada Ranah Kognitif
|
2
|
|
|
|
|
d.
Penilaian Mengarah Juga Pada RanahAfektif dan Psikomotor
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
V. Penutup
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal :
|
|
|
|
|
|
a.
Kegiatan Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu
b.
Yang direncanakan
|
2
|
10
|
|
|
|
c.
Inti/ Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Guru
|
2
|
|
|
|
|
d.
Inti / Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Siswa
|
2
|
|
|
|
|
e.
KBM Dilakukan Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi /
Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
a.
Setiap Kelompok Menyampaikan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok Di Depan
Kelas
|
2
|
10
|
|
|
|
b.
Hasil Diskusi Kelompok Mendapat Respon Positif/ Negatif Dari
Kelompok Lain
|
2
|
|
|
|
|
c.
Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok Dilakukan Oleh Guru
|
2
|
|
|
|
|
d.
Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja Kelompok dilakukan Oleh Siswa Dengan
Bimbingan Guru
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
Keterangan:
S1 = semester 1
S2 = semester 2
Hasil Penilaian = .......................... x
100 = ...............
Jumlah Nilai Ideal = 90
Pada II dan V bentuk klasikal atau diskusi /
kerja kelompok,
Gunakan hanya salah satu saja, kalau klasikal
tidak menggunakan
Penilaian diskusi/ kerja kelompok, begitupun
sebaliknya
Katagori Penilaian
90 s/d 100 = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89 = Baik Sekali
60 s/d 79 = Baik
50 s/d 69 = Cukup
40 s/d 49 = Kurang
< 40 = Kurang Sekali
Komentar / Saran
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Lebakgedong,……………….......2016
Mengetahui
Kepala Sekolah,
...................................
NIP
|
Guru,
…………………………………..
NIP
|
Supervisor,
…………………………………..
NIP
|
Catatan :
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan/Tuliskan Komentar Antum untuk perbaikan Blog saya. OK