PROGRAM SUPERVISI KEPALA Sekolah
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Disusun dalam rangka
memenuhi/implementasi kompetensi menejerial dan
kompetensi Supervisi
Kepala Sekolah
COVER
DISUSUN OLEH :
..............................................
NIP
SMP NEGERI Satap 2 lebakgedong
lebak - banten
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur dipersembahkan ke hadirat
Allah Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat
menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun 2015/2016 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong.
Program
Supervisi Tahun 2015/2016 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong ini disusun dengan
latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang
harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi
Supervisi. Pogram Supervisi ini meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi
Akademik. Supervisi Akademik dilakukan sebagai salah satu upaya untuk
meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan
Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan
administrasi Sekolah.
Harapan
kami semoga Program Supervisi Tahun Pelajaran 2015/2016 ini dapat terlaksana
dengan efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan
kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan
dan administrasi Sekolah.
Terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu terutama Pengawas yang memberi
masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.
|
Lebakgedong,
Juli 2015
Kepala
Sekolah,
...............................................
NIP
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL : .....................................................................................
KATA PENGANTAR :
..................................................................................... ii
DAFTAR ISI : ..................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN :
A.
Latar Belakang :
..................................................................................... 1
B.
Landasan Hukum : ..................................................................................... 1
C.
Tujuan :
..................................................................................... 2
D.
Ruang Lingkup :
..................................................................................... 2
BAB II ANALISIS HASIL SUPERVISI
TAHUN 2014/2015........................................................ 4
BAB III RENCANA PELAKSANAAN
SUPERVISI TAHUN 2015/2016
A.
Rencana Supervisi Akademik............................................................................... 7
B.
Rencana Supervisi Internal Manajerial.................................................................. 7
C.
Jadwal Kegiatan Supervisi Akademik
Tahun 2015/2016.......................................... 8
D.
Jadwal Kegiatan Supervisi
Internal Manajerial Tahun 2015/2016............................ 8
BAB IV PENUTUP :
..................................................................................... 9
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Instrumen Penilaian Supervisi
Kelas
Instrumen Penilaian supervisi
Menejerial
Jadwal Supervisi Kelas
Rencana Tindak Lanjut
(RTL)
BAB I
P E N D A H U L U A N
- Latar Belakang
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa
seorang Kepala Sekolah harus menguasai/memiliki Standar Kompetensi
Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi
manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi
sosial.
Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah
supervisi akademik dimana langkah-langkah yang
dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka
peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru
dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta
menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan
profesionalismenya.
Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun 2014/2015 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong secara umum ditemukan
beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran
sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti : pengembangan indikator dan materi
pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya
penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif, dan sebagainya. Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah
sebagai Supevisor maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh
dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa
tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi
perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademik di SMPN
Satap 2 Lebakgedong.
B.
Landasan
Hukum.
1.
Undang Undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.
Undang Undang Nomor 14 Tahun
2005 tentang Guru dan Dosen
3.
Peraturan Pemerintah RI Nomor
19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4.
Permendiknas RI Nomor 13 Tahun
2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah / Sekolah
5.
Permendiknas RI Nomor 16 Tahun
2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
6.
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun
2007 tentang Standar Pengelolaan
C.
Tujuan.
Penyusunan Program Supervisi Tahun 2015/2016 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong ini bertujuan sebagai berikut :
1.
Acuan bagi pelaksanaan kegiatan
supervisi di lingkungan SMPN Satap 2 Lebakgedong
2.
Usaha
terus menerus untuk meningkatkan
profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
pendidik
3.
Meningkatkan kualitas proses
pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas
lulusan.
4.
Selain supervisi akademik, program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada
setiap unit kegiatan di lingkungan SMPN Satap 2 Lebakgedong yang merupakan
supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan
dan administrasi Sekolah
D.
Ruang
Lingkup.
Adapun
ruang lingkup Program Supervisi Tahun 2014/2015 pada SMPN Satap 2 Lebakgedong adalah :
1. Supervisi
Akademik :
a.
Pengembangan Silabus/Perumusan
Indikator
b.
Pengembangan RPP/Materi
Pembelajaran
c.
Peningkatan Penguasaan Metode
Pembelajaran
d.
Peningkatan Penguasaan Model
Model Pembelajaran
e.
Peningkatan Penguasaan Sistem
Penilaian Hasil Belajar
f.
Pelaksanaan Pembelajaran
g.
BK/Pengembangan Diri
2. Supervisi
Internal Manajerial :
a.
Administrasi Tata Usaha
b.
Kurikulum
c.
Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
d.
Sarana/Prasarana
e.
Humas
f.
Perpustakaan
g.
Lingkungan/Budaya Sekolah
BAB II
ANALISA HASIL SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN YANG LALU
A. Analisa
Hasil Supervisi Akademik Tahun Lalu
Adapun
hasil analisis pelaksanaan program supervisi Akademik tahun pelajaran tahun 2014/2015 sebagai berikut :
No.
|
Aspek Supervisi
|
Ketuntasan
|
1
|
Pemetaan
Standar Isi
|
Belum Tuntas
|
2
|
Pengembangan
Indikator
|
Belum Tuntas
|
3
|
Pengembangan
Silabus
|
Belum Tuntas
|
4
|
Penyusunan
RPP
|
Belum Tuntas
|
5
|
Penyusunan
Dokumen KKM
|
Belum Tuntas
|
6
|
Penggunaan
Media Pembelajaran
|
Belum Tuntas
|
7
|
Metode
Pembelajaran
|
Belum Tuntas
|
8
|
Penggunaan
Sumber Belajar
|
Belum Tuntas
|
9
|
Penggunaan
Media Pembelajaran
|
Belum Tuntas
|
10
|
Penggunaan
dan Teknik Penilaian
|
Belum Tuntas
|
11
|
Analisis
Hasil Belajar
|
Belum Tuntas
|
12
|
Pemanfaatan
TIK
|
Belum Tuntas
|
13
|
Analisis
Ketuntasan Belajar
|
Belum Tuntas
|
Hasil ketuntasan target yang diharapkan pada program supervisi tahun 2015/2016 menunjukkan bahwa perlu
dilakukan upaya untuk mencapai peningkatan pada aspek supervisi sebagai berikut
:
- Analisa konteks sebagai dasar pengembangan KTSP yang berorientasi kepada kesesuaian kurikulum dengan potensi peserta didik, karakteristik Sekolah dan kondisi lingkungan
- Pemetaan Standar Isi : Perlu dilanjutkan pemetaan standar isi pada setiap SK-KD setiap mata pelajaran untuk menghasilkan silabus yang sesuai dengan karakter Sekolah dan potensi daerah
- Perumusan indikator pada SK-KD menunjukkan bahwa sebahagian besar sudah sesuai untuk memenuhi tuntutan pencapaian kompetensi namun sebahagian kecil masih perlu diperbaiki melalui kegiatan reviu di bawah koordinasi Tim Pengembang Sekolah
- Penggunaan media pembelajaran perlu diperluas dengan media yang lebih akurat dan didukung oleh teknologi informasi dengan memanfaatkan komputer dan internet
- Penggunaan Metode Pembelajaran masih perlu menjadi bagian yang perlu perbaikan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif yang mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar
- Penggunaan sumber belajar masih berorientasi pada buku paket dan modul diharapkan pada tahun berikutnya lebih diperkaya dengan pemanfaatan sumber belajar melalui internet, jurnal ilmiah dan media lainnya seperti buletin, koran, majalah dsb.
- Sebahagian penggunaan teknik dan alat penilaian masih perlu disempurnakan terutama dalam pemilihan yang sesuai antara teknik dan alat penilaian dengan tuntutan KD
- Analisa Hasil Belajar masih perlu peningkatan untuk dilakukan oleh seluruh guru dan seluruh mata pelajaran untuk mengetahui tingkat daya serap dan umpan balik bagi perbaikan pembelajaran tahun berikutnya
- Perlu peningkatan penguasaan teknologi informatika bagi guru untuk mampu menggunakan TIK dalam kegiatan pembelajaran
- Perlu peningkatan pelaksanaan analisis ketuntasan sebagai pertimbangan bagi peningkatan KKM tahun berikutnya dan sebagai bahan perbaikan pembelajaran
B. Analisis
Hasil Supervisi Internal Manajerial tahun 2014/2015
Hasil supervisi internal manajerial terutama berkaitan dengan pelaksanaan
tugas-tugas staf manajerial perlu peningkatan pada :
·
Kinerja Tim Pengembang Sekolah dalam mereviu dan merevisi KTSP
·
Perlunya pembinaan Tim Pengembang Kurikulum SMPN Satap 2 Lebakgedong yang solid
·
Peningkatan pengelolaan sarana
dan prasarana
·
Peningkatan pengelolaan
lingkungan dan Budaya Sekolah
·
Peningkatan sistem informasi
manajemen
·
Peningkatan Kemitraan dan
kerjasama dengan stake holder
·
Peningkatan Manajemen Pengelolaan
perpustakaan dan Laboratorium serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
·
Peningkatan kegiatan pengembangan
diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra
kurikuler
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN
SUPERVISI TAHUN 2015/2016
A.
Rencana
Pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016
Pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016 yang disusun berdasarkan hasil
evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi Akademik tahun sebelumnya
diharapkan akan memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu
proses dan output proses pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata
pelajaran di kelas yang diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :
1.
Peningkatan pemahaman guru
terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dengan titik berat pada :
a.
Review KTSP berupa telaah
terhadap pengembangan silabus yang sesuai dengan kebutuhan pada setiap mata
pelajaran
b.
Perumusan Kompetensi Dasar dan
Indikator
c.
Penyusunan RPP
2.
Penggunaan Metode – Metode dan
Model-Model Pembelajaran yang lebih
variatif dan meningkatkan antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran
3.
Penggunaan instrumen penilaian
yang sesuai dengan tuntutan kompetensi
4.
Pelaksanaan proses pembelajaran
yang efektif dan efisien dengan mengacu kepada tuntutan penguasaan kompetensi
Agar
pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016 ini berlansung efektif dan dapat
memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas :
Kepala Sekolah, Pengawas, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior yang
kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .
B. Jadwal
Pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016
Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016 disusun dengan mempertimbangkan
hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademik
Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademik Semester Genap. Jadwal selengkapnya terlampir.
C. Rencana
Supervisi Manajerial Internal
Pelaksanaan Supervisi Internal dalam bidang manajerial Sekolah dilakukan
pada setiap unit kegiatan yang ada dalam jajaran manajerial SMPN Satap 2
Lebakgedong Pelaksanaannya dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah
bersama dengan Pengawas pada setiap unit dengan target utama adalah pembenahan
pada :
1. Kinerja
Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
2. Perlunya
dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SMPN Satap 2 Lebakgedong yang solid
3. Peningkatan
pengelolaan sarana dan prasarana
4. Peningkatan
pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
5. Peningkatan
sistem informasi manajemen
6. Peningkatan
Kemitraan dan kerjasama dengan stake holde
7. Peningkatan Manajemen
Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka
meningkatkan kompetensi siswa
8. Peningkatan
kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan
kualitas kegiatan ekstra kurikuler
D. Jadwal
Pelaksanaan Supervisi Internal Manajerial
Jadwal pelaksanaan supervisi internal manajerial akan disusun bersama
dengan Stake Holder SMPN Satap 2 Lebakgedong disesuaikan dengan program pembinaan manajerial dari Pengawas
BAB IV
P E N U T U P
Demikianlah program supervisi SMPN Satap 2 Lebakgedong ini disusun dengan harapan dapat
meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan Sekolah dan kualitas pembelajaran
pada setiap program di SMPN Satap 2 Lebakgedong Pada akhir tahun
pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut nya sebagai
dasar penyusunan program supervisi SMPN Satap 2 Lebakgedong Tahun Pelajaran 2016/2017.
sip pak
BalasHapusterima kasih atas karyanya sangat bermanfaat untuk kami tenaga kependidikan di daerah
BalasHapusizin copy bos
BalasHapusTrims contoh program supervisinya. Izin copas.
BalasHapusAssalamu 'alaikum warahmatullah ...... Jazakallahu khoiron sangat membantu sekali. namun untuk Jadwal Supervisi nya belum tercantum ya. mohon di posting juga ya. terima kasih
BalasHapusTerima kasih contoh program supervisinya. Izin copas pak.
BalasHapusterimakasih contoh program supervisinya pak....merasa sangat terbantu...
BalasHapusterima kasih pak, jazakumullohu khoiron katsiro. semoga menjadi amal sholih yang jariah. Aamiin.
BalasHapus